Sabtu, 06 April 2013

Kandungan Gizi Dan Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh
MutiaraIndonesia.com - Minum air kelapa di tengah panasnya matahari memang sangat menyegarkan, terlebih jika anda sedang berlibur ke pantai. Salah satu menu minuman yang tak pernah ketinggalan adalah air kelapa muda. Hal ini mungkin karena sudah menjadi budaya atau kebiasaan jika ke pantai, minum air kelapa muda, namun, di luar itu apakah anda tahu manfaat air kelapa muda?

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat air kelapa muda khususnya untuk kesehatan. Padahal, banyak sekali yang dapat anda peroleh dengan minum segelas air kelapa muda bukan hanya esekedar menyegarkan saja.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan info mengenai manfaat air kelapa muda khsusunya untuk kesehatan. Silahkan simak uraian berikut ini. 

1. Sebagai penawar racun

Banyak masyarakat yang spontan mencari air kelapa muda ketika mengalami keracunan atau mungkin over dosis terhadap obat tertentu. Memang benar langkah yang dilakukan karena air kelapa muda mampu menetralisir racun dan juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada kasus over dosis. Manfaat air kelapa muda ini dapat anda lakukan dengan hanya minum satu gelas air kelapa muda, tetapi jika daerah anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan segera buah kelapa segar, anda dapat membeli beberapa produk di pasaran yang mungkin lebih praktis.

2. Mengganti ion tubuh yang hilang

Air kelapa dapat dikatakan sebagai air isotonic karena air kelapa muda mampu mengganti ion-ion tubuh yang hilang khususnya untuk kasusu dehidrasi. Dalam air kelapa muda mengandung ion-ion yang dibutuhkan tubuh seperti Na+, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk membantu memnehi kebutuhan ion tubuh, anda dapat mengambil manfaat air kelapa muda.

3. Melancarkan air seni

Bagi anda yang memiliki kesulitan dalam buang air kecil, langkah yang adapat anda lakukan yaitu dengan rutin minum air kelapa muda. Karena menurut beberapa penelitian, banyak yang menyatakan bahwa air kelapa muda dapat membantu melancarkan air seni dan bagus untuk penderita batu ginjal. 

Beberapa manfaat air kelapa antara lain :
  1. Dapat membantu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih
  2. Kandungan air yang cukup tinggi dalam air kelapa bisa mengatasi dehidrasi pada tubuh yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan, selain itu air kelapa juga bisa membantu membuang toksin dari tubuh.
  3. Mengkonsumsi air kelapa secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kelembaban kulit.
  4. Kandungan potassium, protein, gula, dan mineral, menjadikan air kelapa dapat berguna sebagai minuman penambah energi.
  5. Baik untuk dijadikan sebagai minuman dalam program diet anda, karena air kelapa rendah kalori dan lemak. Air kelapa juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan jantung, karena mengandung kadar gula rendah.
Dibawah ini adalah tabel yang menunjukkan komposisi kimia dalam 100 ml air kelapa

pH
4,27-6,17
Nilai kalori (kal/g)
17,400
Kadar karbohidrat (%)
0,090
Kadar air (%)
92,700
Kadar Protein (%)
0,450
Kadar gula (%)
0,170
Kadar abu (%)
6,970
Kadar garam (%)
1,770
Phosfor (mg/100 ml)
105,000
Kalsium (mg/100 ml)
29,000
Magnesium (mg/100 ml)
37,000
Besi (mg/100 ml)
0,100
Belerang (mg/100 ml)
24,000
Tembaga (mg/100 ml)
0,040

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Blog Archive

Ad Home

Follow Us

Random Posts

Sponsor

Recent Posts

Header Ads

Wisata

Popular Posts